fbpx

Home8 Cara Mudah Masuk FYP TikTokBranding8 Cara Mudah Masuk FYP TikTok

8 Cara Mudah Masuk FYP TikTok

Cara mudah masuk FYP TikTok

TikTok telah berkembang pesat dari awalnya sebagai aplikasi lip sync yang lucu dengan pengikut setia Gen Z, kemudian platform berbagi video berdurasi pendek ini kini memiliki sekitar tiga perempat miliar pengguna aktif di seluruh dunia.

Jumlah pengguna TikTok 2020 hingga 2024

Dan jika Anda sudah familiar dengan aplikasi ini, Anda mungkin pernah mendengar banyak tentang For You Page (FYP). Dianggap sebagai kunci kesuksesan di TikTok, tampil di FYP dapat memberikan banyak manfaat bagi bisnis Anda.

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara detail apa itu FYP TikTok, apa manfaatnya bagi bisnis Anda, dan delapan cara mudah untuk masuk FYP sehingga Anda dapat meningkatkan engagement dan eksposur brand Anda.

Baca juga: TikTok untuk Bisnis: Pro dan Kontra yang Harus Diketahui

Apa itu FYP di TikTok?

For You Page atau FYP adalah halaman pertama yang dibuka pengguna saat mereka membuka aplikasi TikTok.

Ini menunjukkan kepada mereka feed video yang dikurasi dari kreator konten yang mungkin tidak mereka ikuti, tetapi menurut algoritma TikTok mereka mungkin akan menyukainya, berdasarkan minat dan interaksi mereka sebelumnya.

Tujuan TikTok adalah membuat pengguna bertahan lebih lama dengan konten yang ditargetkan.

Apa itu FYP TikTok?

Apa hebatnya FYP?

Memposting konten bagus di TikTok saja tidak cukup dan berharap pengguna akan mulai mengikuti Anda. Anda harus tampil di hadapan banyak orang dan menjadi perhatian utama audiens Anda, dan masuk ke FYP dapat membawa Anda ke sana.

Masuk ke FYP dapat membantu Anda:

Mendapatkan lebih banyak pengikut: FYP adalah hal pertama yang dilihat pengguna saat mereka membuka aplikasi, sehingga memberikan eksposur yang sangat besar. Dan ini sangat menguntungkan jika Anda ingin memasarkan ke audiens Gen Z dan Milenial, karena hampir 70% basis penggunanya berusia di bawah 39 tahun.

Menghasilkan uang: Semakin banyak eksposur TikTok, semakin banyak pengikut TikTok dan lebih banyak penjualan. Dan setelah Anda mencapai angka 10.000 pengikut, Anda juga dapat mulai menghasilkan uang dari video Anda dengan TikTok Creator Fund.

Mendapatkan sponsorships: Setelah algoritme mulai mendorong konten Anda ke khalayak yang lebih luas, Anda akan mulai dikenal sebagai brand tepercaya di niche Anda. Hal ini dapat menghasilkan paid sponsorships.

Menghasilkan penjualan untuk perusahaan Anda: Masuk ke FYP akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak pengikut dan suka serta meningkatkan brand awareness. Dan itu dapat dengan cepat menghasilkan lebih banyak penjualan untuk perusahaan Anda.

Membangun kehadiran online Anda: Setelah Anda mencapai status FYP, Anda dapat mulai menggunakan TikTok untuk mengalihkan traffic ke platform Anda yang lain dan membangun kehadiran online Anda secara keseluruhan.

8 cara mudah masuk FYP TikTok

Algoritme yang digunakan TikTok untuk memilih konten untuk FYP-nya masih diselimuti misteri. Namun, ada beberapa strategi yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan peluang Anda mendapatkan peran utama di panggung FYP.

Berikut delapan cara mudah untuk meningkatkan peluang Anda tampil di FYP TikTok.

1. Posting secara konsisten pada waktu yang tepat

Semakin banyak Anda memposting, semakin besar peluang untuk mendapatkan konten Anda di FYP.

Targetkan untuk memposting tiga kali seminggu, lalu tingkatkan menjadi postingan harian. Namun jangan tergoda untuk memposting konten hanya demi kepentingan itu. Pastikan kualitasnya bagus dan menarik.

Anda juga perlu memposting pada waktu yang tepat. Karena engagement meningkatkan peluang Anda untuk masuk FYP, Anda harus memposting ketika audiens Anda sedang online dan siap untuk berinteraksi.

Waktu terbaik memposting di TikTok

Jadi bagaimana Anda tahu kapan waktu terbaiknya?

• Lihat gambar di atas tentang waktu terbaik untuk memposting di TikTok.

• Beralih ke akun TikTok Pro. Dengan demikian, Anda dapat melihat hari dan waktu saat pengikut Anda paling aktif dan terlibat.

• Lihatlah lokasi geografis audiens Anda untuk memastikan zona waktu Anda selaras.

2. Gunakan hashtag yang sedang tren

Menggunakan hashtag yang sedang tren membuat konten Anda lebih mungkin diambil oleh algoritme TikTok, dan oleh karena itu, meningkatkan peluang Anda untuk masuk FYP.

Sama seperti hashtag Instagram, hashtag TikTok mengkategorikan konten dan meningkatkan kemampuan konten Anda untuk ditemukan.

Buatlah tujuan untuk kualitas, bukan kuantitas, pilih 3-6 hashtag trending yang relevan dengan konten Anda.

Anda dapat menggunakan #fyp dan #ForYou, namun tidak ada jaminan ini akan berhasil.

Hashtag yang relevan dengan konten dan niche Anda memberikan peluang sukses yang lebih baik dengan marketing TikTok Anda dan akan membantu Anda menarik pengikut yang tepat.

Untuk bantuan dalam memilih hashtag, cari kata kunci yang relevan dengan niche Anda dan lihat hashtag apa yang digunakan video paling populer, atau Anda bahkan dapat mengandalkan riset kata kunci dasar dari upaya SEO Anda.

3. Posting konten yang unik dan berkualitas

TikTok menghargai konten yang menarik dan berkualitas tinggi. Jika video Anda mendapat reaksi bagus, peluangnya lebih besar untuk masuk FYP. Namun bagaimana Anda memastikan konten Anda lebih unggul dari yang lain?

Pertama, kualitas video dan audio Anda harus terbaik. Sebagian besar smartphone menawarkan video HD, sehingga mudah untuk membuat video resolusi tinggi tanpa anggaran besar.

Ambil inspirasi dari orang lain tetapi jangan tergoda untuk meniru. Pengguna menikmati konten unik, jadi pastikan ide TikTok Anda menonjol.

Ikuti tren dengan cara dan pendekatan yang baru. Berkreasilah dan bereksperimenlah dengan filter, stiker, dan transisi. Ini akan meningkatkan views dan engagement.

4. Buat video pendek dan menarik

TikTok peduli dengan tingkat penyelesaian (completion rates) konten. Pada dasarnya, itulah jumlah orang yang menonton video Anda sampai akhir. Semakin banyak pemirsa yang melakukannya, semakin besar kemungkinan konten Anda masuk ke For You Page.

Video bisa berdurasi hingga satu menit, namun teorinya adalah membuat video Anda sesingkat mungkin akan meningkatkan peluangnya untuk ditonton sampai akhir. Tapi sekali lagi, kualitas adalah yang utama.

Jika video Anda pendek, pastikan tetap menyenangkan, menarik, dan memikat. Tujuan utama Anda adalah meningkatkan peluang video Anda untuk mendapatkan Like dan Share. Bereksperimenlah dengan durasi yang berbeda untuk menemukan yang terbaik bagi Anda.

5. Berkolaborasi dengan influencer

Kolaborasi memperluas jangkauan Anda, dan jika partner kolab Anda muncul di FYP, Anda juga akan mendapatkan keuntungan. Anda dapat berkolaborasi dengan kreator konten dalam banyak cara, termasuk duet dan Stitch.

TikTok memiliki engagement rate influencer tertinggi dibandingkan platform lainnya. Jadi Anda tidak perlu terlalu lama mengantre untuk masuk ke FYP dengan langsung mendapatkan engagement saat Anda berkolaborasi dengan influencer TikTok.

Untuk memulai, identifikasi TikToker dan influencer terbaik untuk kampanye Anda dan jadwalkan waktu untuk mengobrol dengan mereka, melalui telepon, email, atau bahkan online meeting.

6. Gunakan klip audio atau efek video yang sedang tren untuk meningkatkan kemampuan konten Anda ditemukan

Musik memainkan peran penting dalam video TikTok. Pengguna dapat mencari klip audio, suara, dan efek tertentu di aplikasi ini. Dengan menggunakan klip audio yang sedang tren di konten video Anda, Anda dapat meningkatkan like, comment, dan views.

Bagaimana Anda menemukan suara populer untuk digunakan dalam video Anda?

Ketuk tanda plus di bagian bawah layar, lalu pilih ‘Add sound’ / ‘Tambah suara’. Di halaman ini Anda bisa melihat menu ‘For you’, ‘Favorites’, dll.

Anda juga dapat mengetahui suara atau musik yang sedang tren melalui bilah Search / Pencarian, bahkan ada pula playlist dalam kategori seperti ‘Viral’, ‘TikTok Hot’, musik berdasarkan genre yang dikurasi oleh TikTok dan memiliki potensi trending tinggi, dan banyak lagi.

Dan Anda dapat menyimpannya sebagai favorit untuk digunakan nanti.

Menambahkan suara di video TikTok

7. Tulis caption yang singkat dan menarik

Caption TikTok dibatasi hingga 150 karakter, jadi Anda harus fokus menulis teks pendek yang menyertakan hashtag yang relevan dan mendorong engagement.

Cobalah membuat teks yang membangkitkan rasa ingin tahu seperti “Tunggu dan tonton sampai akhir”. Hal ini dapat meningkatkan views dan completion rates.

Anda juga dapat mengajukan pertanyaan untuk menarik minat pemirsa. Atau buat teaser tentang informasi yang akan Anda ungkap.

Caption TikTok singkat

8. Gunakan hook untuk menarik audiens Anda

Hook adalah beberapa detik pertama yang penting dari video Anda, seperti judul konten TikTok Anda. Itu harus menarik perhatian penonton dan membuat mereka ingin menonton sampai akhir.

Lakukan riset video populer di niche Anda sehingga Anda dapat mengadaptasi konten yang sesuai dengan target audiens Anda.

Berikut adalah beberapa cara yang bagus untuk memulai hook Anda yang telah terbukti meningkatkan views:

• Ingin tahu rahasia…

• Saya akan mengungkapkan kepada Anda…

• Kesalahan terbesar yang dilakukan orang ketika…

• Ternyata ini / begini…

Dan semacamnya.

Bagaimana pun Anda membuat hook, pastikan hook tersebut dipersonalisasi untuk audiens Anda. Ini akan membantu meningkatkan engagement dan peluang Anda untuk masuk FYP TikTok.

Hook di TikTok

Targetkan konten Anda ke For You Page TikTok

Tidak ada formula pasti untuk memasukkan konten Anda ke FYP TikTok, dan algoritmenya terus berubah. Namun tren marketing media sosial menunjukkan bahwa TikTok menjadi pemain utama, sehingga Anda harus siap memaksimalkan potensinya.

Hebatnya, Anda tidak perlu banyak pengikut untuk bisa masuk FYP. Dan jika Anda mencoba delapan cara di atas, Anda akan meningkatkan peluang untuk menempatkan konten Anda secara signifikan di FYP TikTok.

Infografik 8 Cara Mudah Masuk FYP TikTok

Infografik 8 Cara Mudah Masuk FYP TikTok

Services

Orisul Logo

Copyright: © 2023 PT Orisul Digital Agensi. All Rights Reserved.