fbpx

HomeManfaat Menjadi Influencer di Indonesia, Berminat?BrandingManfaat Menjadi Influencer di Indonesia, Berminat?

Manfaat Menjadi Influencer di Indonesia, Berminat?

Manfaat Menjadi Influencer di Indonesia

Jika sebelumnya jenis pekerjaan hanya terbatas pada pekerjaan di kantor, kini pandangan tersebut telah berubah. Beragam jenis pekerjaan dapat dilakukan oleh generasi milenial, termasuk menjadi seorang influencer, karena ada banyak manfaat menjadi influencer.

Seorang influencer mempromosikan produk dan layanan yang berbeda di antara pengikut media sosial mereka. Brand-brand besar mengandalkan influencer untuk mempromosikan produk mereka dan meningkatkan penjualan.

Menurut para ahli, influencer marketing tumbuh lebih cepat dibandingkan strategi marketing lainnya. Hal ini mencerminkan masa depan yang menjanjikan bagi calon influencer.

Seorang influencer yang berhasil tidak jauh berbeda dengan seorang selebriti, dan memang demikian adanya.

Mari kita lihat lebih dekat beberapa manfaat menjadi influencer terkenal.

Manfaat menjadi influencer

Walau di media sosial terlihat hanya mengunggah foto produk, menjadi seorang Influencer bukan berarti bisa bersantai di rumah. Mau tahu manfaat menjadi seorang Influencer? Berikut adalah penjelasan detailnya.

Pendapatan yang menggiurkan

Pendapatan menjadi influencer

Perlu diingat sebelum memulai sebagai influencer, bahwa kesuksesan bukanlah sesuatu yang bisa didapat dalam semalam. Menjadi seorang influencer tidak bisa dengan cepat mendapatkan banyak brand untuk bekerja sama.

Diperlukan kesabaran dan kerja keras selama beberapa bulan bahkan sekitar satu atau dua tahun agar kamu akhirnya dapat dikenal oleh banyak orang.

Saat pertama memasuki dunia influencer, pendapatan yang diperoleh tentunya masih belum sebanyak para influencer yang sudah populer sebelumnya.

Namun jika kamu tekun dan berkomitmen, mungkin kamu bisa menghasilkan puluhan hingga ratusan juta Rupiah per bulan.

Kamu harus menyadari bahwa penghasilan ini biasanya didapatkan melalui kerja sama dengan brand, partisipasi dalam acara-acara khusus, atau pun menjadi brand ambassador.

Mendorong perubahan

Jika memiliki banyak pengikut, maka kamu akan memiliki kekuatan untuk menggerakkan perubahan. Contohnya, banyak hashtag yang sengaja dibuat oleh para influencer saat ini dan menjadi populer.

Ini dapat digunakan untuk mendiskusikan peristiwa yang sedang terjadi. Contohnya, kamu dapat membujuk pengikut untuk mengidolakan artis favoritmu, mengurangi penggunaan plastik, menjadi vegetarian, mengikuti olahraga tertentu, membenci sesuatu, dan lain sebagainya.

Kamu dapat menggunakan situasi seperti ini untuk menciptakan perubahan yang positif. Secara tidak langsung, kamu juga dapat menyebarkan kebaikan kepada banyak orang. Menarik, kan?

Mendapatkan produk gratis

Influencer mendapatkan produk gratis
Sumber: @msglowbeauty

Salah satu manfaat menjadi seorang influencer berikutnya adalah kamu berkesempatan untuk mendapatkan barang-barang gratis yang sesuai dengan niche yang kamu miliki.

Brand sering kali mengirimkan hadiah dan paket untuk diulas oleh influencer ketika mereka ingin mempromosikan produk baru.

Contohnya, Fadil Jaidi bekerja sama dengan MS Glow dan Rexona, sementara Sally Tanudjaja menjadi duta Garmin Indonesia, serta beberapa kolaborasi lainnya. Hal ini pastinya akan membuatmu lebih termotivasi untuk sukses sebagai seorang influencer.

Tetapi, perlu diingat sekali lagi, hal ini hanya berlaku jika jumlah pengikutmu sudah mencukupi. Jangan sampai lupa juga untuk memberikan hadiah barang-barang yang sudah kamu dapatkan kepada para pengikutmu.

Fleksibilitas dan kebebasan

Saat kamu menjadi influencer, kamu bekerja sesuai keinginanmu. Kamu tidak akan terikat dengan pekerjaan penuh waktu yang mengharuskanmu bekerja dalam jangka waktu tertentu.

Kamu dapat menentukan hari dan jam kerja, sehingga menjadi influencer dapat menjaga keseimbangan kehidupan kerja yang sehat.

Saat melakukan tugas ini, kamu akan dapat berinteraksi dengan individu baru, melakukan ulasan beragam barang, menghadiri pembukaan toko/peluncuran produk, dan kegiatan-kegiatan lainnya. Maka, pekerjaan menjadi lebih seru karena tidak hanya dilakukan di belakang meja sepanjang hari.

Kebebasan juga terletak pada bidang minat yang kamu pilih dalam perjalanan karier influencermu. Dari beauty, clothing, cooking, teknologi, hingga kisah-kisah pribadi, ada beragam topik yang dapat kamu pilih.

Oleh karena itu, karier sebagai influencer sangat cocok bagi mereka yang ingin menekuni passion sebagai pekerjaan.

Mempelajari cara menjadi pembuat konten yang berkualitas

Cara menjadi kreator konten yang berkualitas

Manfaat menjadi influencer selanjutnya adalah dapat mengungkapkan kreativitas sesuai keinginanmu. Seringkali beberapa kegiatan offline seperti acara gathering memerlukan konten yang menarik untuk menarik perhatian peserta.

Pada momen ini, banyak pembicara berkualitas juga akan hadir. Secara tidak langsung, kamu akan terus meningkatkan pengetahuan dan belajar dari influencer dan narasumber lain di event tersebut.

Ini bisa meningkatkan kualitasmu sebagai pembuat konten dan membuatmu lebih percaya diri dalam menghadapi kompetisi dengan para influencer lain.

Bisa memperluas jaringan

Jaringan yang dimaksud tidak hanya meningkatkan jumlah pertemanan yang memiliki minat yang sama di bidang tersebut. Tetapi, kamu juga akan memperluas hubungan dengan brand yang dapat menarik minat mereka terhadap konten yang kamu hasilkan.

Hubungan akan terjalin apabila kamu mampu berinteraksi secara positif dengan lebih banyak individu. Contohnya saat mendapat undangan hadir di berbagai acara promosi, bekerja sama dengan satu pihak atau komunitas, atau berinteraksi dengan pengikut.

Peluang tak terduga lainnya bisa saja muncul entah dari mana, maka jadilah influencer yang ramah untuk menjaga hubungan tetap baik.

Karier yang menawarkan potensi menjanjikan

Bio akun media sosial influencer

Sekarang ini, banyak orang yang mulai beralih menjadi full time influencer, padahal sebelumnya profesi tersebut dianggap hanya sebagai pekerjaan sampingan. Banyak influencer yang sudah rela meninggalkan pekerjaan utama mereka.

Ini karena ada peluang untuk naik tingkat bagi para influencer. Kamu dapat berkembang dari mikro influencer menjadi makro influencer dan akhirnya menjadi influencer premium.

Pastinya peluang karier ini menarik bagi mereka yang ingin menjalani gaya hidup modern sebagai generasi muda yang terus mengikuti perkembangan zaman. Manfaat menjadi influencer dapat dicapai dengan konsistensi yang terjaga selama bertahun-tahun.

Keberhasilanmu hanya akan terwujud jika kamu bekerja keras dalam menciptakan konten dan memenuhi harapan setiap klien yang bekerja sama.

Jika jumlah pengikutmu telah mencapai ribuan dan kamu telah membuat konten yang menarik namun masih belum optimal, kamu bisa menambahkan informasi pribadi di bio media sosialmu.

Tuliskan dengan rinci semua informasi kontak yang dapat dihubungi dengan mencantumkan nama masing-masing. Ini akan mempermudah brand dan siapa pun yang ingin berkolaborasi untuk terhubung denganmu.

Tidak hanya informasi kontak yang harus dicantumkan, tetapi juga lokasi atau kota tempat tinggal saat ini. Jika sering pindah tempat tinggal, tulis semua kota yang paling sering kamu tinggali.

Kamu pernah kan, melihat bio yang bertuliskan JKT – SBY? Orang dengan cepat akan mendapat kesan bahwa si influencer tersebut mudah dijangkau di kota Jakarta atau Surabaya.

Langkah-langkah yang tepat untuk menjadi seorang influencer sukses

Setelah mengetahui manfaat menjadi influencer, mungkin akan muncul pertanyaan tentang bagaimana cara memulai menjadi seorang influencer?

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memahami bagaimana cara membangun personal branding sebagai seorang influencer terlebih dahulu.

Berikut ini adalah tahapan-tahapan yang perlu dilakukan agar bisa menjadi seorang influencer yang sukses.

  • Pilihlah fokus atau jenis konten yang akan sering kamu buat. Contohnya beauty, kuliner, travel, atau topik lainnya. Ini untuk menarik dan menargetkan brand yang tepat sesuai ceruk pasarmu.
  • Kamu perlu terus meningkatkan keterampilanmu setiap waktu, seperti meningkatkan keahlian dalam fotografi, penyuntingan foto dan video, serta kemampuan berbicara di depan umum. Untuk memulai, kamu bisa menggunakan kamera smartphone yang berkualitas tinggi sehingga menghasilkan foto atau video dengan resolusi tinggi.
  • Ubah akun media sosialmu menjadi akun bisnis. Akun bisnis ini akan menimbulkan kesan profesional dan memungkinkanmu melihat insight jika diminta oleh klien. Kamu juga dapat menganalisis akunmu untuk bisa posting saat pengunjung sedang ramai.
  • Jika kamu fokus di Instagram, pilihlah warna tone feed Instagrammu dan tetap konsisten dengan pilihan tersebut agar feed terlihat lebih teratur.
  • Pastikan untuk tetap konsisten dalam mengunggah foto dan video. Jangan lupa juga untuk membuat story Instagram.

Apakah gaji influencer besar?

Keuntungan terbesar menjadi seorang influencer mungkin adalah kesempatan untuk terhubung dengan brand terkenal dan mempromosikan produk mereka.

Namun pertama-tama, influencer perlu membangun dan mengidentifikasi ceruk pasar mereka untuk menarik dan menargetkan brand yang tepat.

Setelah langkah-langkah menjadi influencer di atas kamu jalankan, pastinya pendapatanmu akan sejalan dengan usahamu dalam membangun citra diri dan menyelesaikan pekerjaan sebagai influencer dengan baik sesuai instruksi klien.

Baca juga: Influencer vs Kreator Konten: Lebih Menguntungkan Mana?

Infografik Manfaat Menjadi Influencer

Infografik Manfaat Menjadi Influencer

One thought on “Manfaat Menjadi Influencer di Indonesia, Berminat?

Comments are closed.

Services

Orisul Logo

Copyright: © 2023 PT Orisul Digital Agensi. All Rights Reserved.